Resident Evil 7 : Berbeda…!!!

128

 

 

Hello Sahabat Gaming,

Ada yang berbeda dari Resident Evil 7 dengan seri sebelumnya?? Di seri ini Capcom merubah sudut pandang permainan menjadi orang pertama (First Person Shooter) dari sudut pandang orang ketiga (Third Person Shooter) pada seri – seri sebelumnya. Sebenarnya bukan hal baru dari perubahan sudut pandang ini karena sebelumnya Capcom sudah melakukannya pada Resident Evil Survivor yang release awal tahun 2000 pada konsol PSX / PS1. Game ini sendiri pada akhir tahun 2016 sudah dikeluarkan versi demonya yang bisa diunduh dan dimainkan secara gratis, dan mendapatkan respon yang cukup positif dari para penggemar franchise game ini. Game ini sudah di release pada tanggal 24 Januari 2017 untuk Playstation 4 / Playstation 4 Pro / Playstation VR, XBox One dan PC.

Kesan awal ketika saya mencoba game Resident Evil 7, saya jadi teringat game Silent Hill. Karena musuh yang kita lawan disini bukan Zombie yang menjadi ciri khas game ini dari awal munculnya, tetapi terlihat seperti hantu – hantu yang membuat kita Jump Scares ketika memainkan game ini. Pengubahan sudut pandang orang pertama ini juga menjadi alasan gameplay dari game ini akan semakin menambah keseruan dalam memainkan game ini. Dalam game ini kita masih disediakan berbagai senjata untuk melawan musuh-musuh dan adanya puzzle – puzzle yang bisa membuat otak kita berputar untuk memecahkannya. Capcom masih menyelipkan beberapa unsur elemen permainan seperti Healing Herbs dari game Resident Evil terdahulu, agar para pemain bisa bernostalgia dengan gameplay seri sebelumnya.

Capcom tidak lagi menampilkan karakter ikonik pada seri – seri sebelumnya seperti Leon, Ada Wong, Claire & Chris Redfield, Jill Valentine, Albert Wesker dan lain – lainnya pada game ini. Karakter utama pada game ini bernama Ethan Winters yang sedang mencoba untuk menemukan Mia, istrinya yang telah hilang selama 3 tahun. Dan Ethan mendapatkan informasi bahwa Mia berada di sebuah rumah besar yang misterius milik keluarga Baker. Cerita dari game ini terlihat sederhana, tetapi akan ada sebuah misteri besar ketika Ethan masuk kerumah tersebut. Setting dari game ini sangat berbeda dari game – game sebelumnya yang lebih menonjolkan laboratorium canggih dan kesan futuristik. Setting dalam game ini lebih banyak menampilkan ruangan di sebuah rumah tua yang sudah usang yang terpencil di dalam hutan.

Game ini sangat patut dimainkan bagi para penggemar seri Franchise Resident Evil, karena menawarkan hal baru dan cerita yang menurut saya lain dari seri sebelumnya. Dan menurut informasi, rencananya game ini akan keluar versi Playstation VR (Virtual Reality) sehingga bisa menambah ketegangan disaat kita memainkan game ini. RE7 ini dilabeli rating Mature oleh situs rating ESRB karena didalamnya banyak mengandung unsur sadis dan penuh darah yang kurang layak dikonsumsi oleh anak dibawah umur.

Tentunya grafis dari game ini berbeda dari seri sebelumnya dan game ini tergolong dalam game yang “High-End”. Grafis dari game ini cukup memanjakan mata kita, karena Capcom menampilkan grafis photorealitic yang sangat detail. Bahkan jika anda sudah memiliki PS4 PRO dan TV yang sudah support 4K, grafis yang realitis dan detail akan semakin memanjakan mata anda. Capcom sendiri khusus membangun sebuah engine khusus yang diberi nama RE Engine untuk dipakai dalam membuat game ini. RE Engine sendiri menggunakan teknik bernama Photogrammetry sebagai basis. Jadi, dalam membangun segala sesuatunya dari digital, Capcom melakukan 3D Scan untuk sebuah objek dunia nyata untuk dirilis sebagai aset di dalam game untuk ekstra detail visual. Hal yang sama juga mereka lakukan untuk aktor yang ikut bergabung di dalamnya. Para aktor yang mempunyai bentuk dan wajah aneh didandani dengan makeup prosthetic dahulu dan kemudian akan diproses secara 3D Scan dan masuk ke dalam game, kemudian diubah dengan perangkat lunak.

Harga game ini cukup menguras kantong kita. Game ini di Steam untuk versi PCnya dibandrol dengan harga mulai dari Rp 499.000 dan untuk versi PS4nya di PSN dibandrol seharga $59,99. Tetapi menurut saya harga ini sebanding dengan pengalaman dan gameplay yang menyenangkan dan menegangkan. Apakah kalian tertarik untuk mencobanya ????

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.